Jumat, 22 Agustus 2014

hmmmm


Hmmm...
Aku...
Sejak aku wisuda maret lalu rasane aku gak punya arah tujuan. Gak kayak temen temen yang laen habis lulus tau mau ngapain. Yang pasti itu kerja. Mereka uda punya planing mau kerja apa n dimana. Tapi aku? Sampek aku nulis ginian aku gak tau pengenku kerja apa n dimana. Yag sempet waktu itu langsung dapet. Sales (lagi). Pikirku ya gak maslah sih timbang nganggur n katanya juga ada jenjang karir. Tapi yang pasti mulai dari bawah dulu. Pas masa training itu langsung terjun lapangan n gak lama luar kota mulu. Ortu uda koar koar gak ngijinin dengan alasan motor yang gak fit, belom disetting buat luar kota. Belom lagi gak ada uang transport. Karena tiap hari digituin, yah aku turutin aja mau mereka. Nyesel? Nggak juga, dari awal aku juga gak sepenuhnya niat. Cuman, sampek tulisan ini muncul aku masih jadi pengacara.

Dibilang pengacara juga nggak. Waktu aku habisin di rumah mulu. Glimpang glimpung like a boss. Nah dari itu, perasaan aneh mulai muncul. Uda berkali kali intergiu tapi gak ada panggilan lanjut. Cuma tahap 1. Apa aku gak kapabel pas diinterfiu? Ato aku terlalu sempurna? Uda nyebar lamaran banyakpun gak ada panggilan. Jadi males. Ya, itu dia, perasaan males mulai menclok. Aku jadi pesismis. Serasa gak ada yang mau nerima aku kerja. Kemakan umurku yang uda bangkotan.

Gak Cuma itu, sering aku dapet perkataan gak enak dari mama – yang kata orang orang: perkataan ibu ke anak itu sebuah doa. Wow banget gitu. Aku didoain gak enak berarti. Bolak balik tak jelasin siruasi n kondisinya kayak gak mau dingertiin. Emang sekali daftar interfiu langsung ketrima? Itu kalo yang punya mbah buyut dewe. Resiko kerja ngikut orang ya gini ini. Tapi aku diminta cepet cepet dan cepet.

Aku dicap gak ada usaha. Cuma nunggu diperintah doang. Gak ada inisiatip. Well, aku iki anak e sopo coba?! Aku dapet didikan dari kecil kudu PATUH ama apa yang diperintahkan. Kalo gaka ada perintah, otomatis gak boleh KREATIP donk! ITU DIDIKAN TENTARA TOH! Dan pas aku buka arsip SMP ku, ada nilai tes IQ ku yang salah satunya tertulis kalo nilai inisiatip ku pas pas an. Dan mungkin sekarang jadi berkembang ke bawah. Alias makin gak inisiatip. Acuh! Apatis! Itu yang sering nempel di aku.

Serasa aku hampir putus asa. Aku uda setres. Mau sampek kapan aku kayak gini?! Aku juga gak mau kayak gini terus. Aku mau kerja tapi aku bungung mau kerja apa. Kenapa yang banyak keleleran itu kerjaan jadi sales?! Aku emoh ! dan kenapa yang akku gak mau mesti yang sku dspet?! Kalo aku mau, mungkin sekarang aku uda kerja. Gak galau kayak gini.

Ini juga lagi ada pendaftaran cpns. Ribetnya mintak ampun. Pas pengen cepet tapi sarana n prasarana lelet banget. Padahal uda siap semua. Tapi yah aku mash bingung mau milih apa. Biarpun uda ada pilihan tapi masih belom ada perkembangan lowongan apa yang tersedia. Gini ini aku jadi galau. Bukan galau pacaran tapi galau gak kerja kerja. Temen temen seangkatanku uda banyak yang pada kerja.

Malu! Yah aku malu! Banget! Kemaluanku menonjol! Pas gak lulus lulus ditanya kapan lulus. Sekarang ditanya uda kerja apa belom. Yah emang uda budaya sih kayak gitu. Bahasa anak jaman sekarang itu ‘kepo’. Pengen tau tentang urusan orang. Kalo uda tau n itu lebih rendah dari yang tanya, dia bisa sombong. Buat apa coba!? Lebih lagi pas acara bukber kapanane itu. Uda tempat makannya mahal, gak ada duit, kena tilang n ujung ujungnya kepaksa dibayari. Meski ybs gak masalah, aku yo sungkan. Meski sering aku dibayari, tapi kalo ini jujur ae aku malu. Beda strata. Aku dari strata rendah. Ngomong ngomong tentang dibayari, yah, aku sering n hampir selalu dibayari kalo pas nongkrong sharing n nemenin curhat. Rasa sungkan sih ada tapi gak sebesar pas bukber itu. Kalo ditraktir kopi n rokok secara nominal gak masalah lah. Gak sampek 20rb. Lah pas makan itu 50rb an. Wah wah...

Okehm skip dulu masalah itu. Masalah? Yah masalah. Serasa mendekati umur seperempat abad ini level masalah makin berat. Gak banyak, tapi intensitasnya itu yang gak nguati nyumpel ke otak. Masalahnya tentang keluarga. Yah mungkin di tulisanku sebelumnya jadi salah satu contoh. Hmm, maslaah keluarga ini gak Cuma tentang keluargaku, tapi sampek merembet ke keuarga om n tante-tanteku. Itu semua dari pihak mama.

Mungkin tak ambil dari masalah terbarun aja. Mama n tante tante n om ku itu gak pada akur. Tukaran ae. Emang baik kalo tukaran, tapi ini sampek muncul koalisi. Hah kok bisa? Ya bisa, masalah ini berkaitan sama oma (tinggal satu satunya). Siapa aja yang berkoalisi? Mamaku+tanteku yang di waru vs tanteku yang di malang+ausy. Sama sama beranggapan kalo yang dilakukan itu benar. Kenapa? Gini, rumah tangga tanteku yang di ausy itu berantakan n sering curhat ke oma. Okelah curhat ke ortu satu satunya apa salahnya sih. Tapi ini kadarnya yang over. Semua sepenatan tanteku diceritain ke oma. Namanya juga orang tua masih sayang anak apalagi jauh ya pasti kepikiran. Ikutlah setres

Belom lagi tanteku yang di malang juga kayak gitu. Dapet suami pegawai bank, sering dapet promosi n banyak duit, tapi gak tenang n bahagia urip e. Kenapa? MEDIT PANGKAL KAYA. Itu masalahnya, om ipar ku iku (katanya) pelit. Uang belanja n untuk urusan anak gak sesuai kebutuhan kalo ngasih. Belom lagi sikapnya yang LIKE A BOSS. Ato mungkin emang jado bos kalo di kantor. Entah. Nah, dulu oma itu lama di malang dengan niat ngebantu tante ku itu. Tapi lama lama malah jadi kayak pembantu sampek akirnya sakit trus dijemputlah sama tanteku yang di waru itu n tinggal disana.

Masalah belom kelar. Tanteku yang di malang pas ditinggal oma pasti kelimpungan. Ada masalh dikit, telpon oma. Masalah lagi, nelpon oma. Otomatis oma juga kawatir. Kepikiran lah dia. Mikir yang di ausy, mikir yang di malang. Yang di waru? Malah gak boloan. Kenapa? Tateku yang di waru ini orang yang gak tau tempat kayak e. Kalo ngomong sama oma itu gak ada respek. Emang sih uda mandiri, kebiasa soro gak terlalu bergantung ortu. Gak kayak tanteku yang di ausy n malang ini yang ada sering ngerecoki n nambahi beban pikiran.

Kalo tante tanteku yang dari malang n ausy uda telpon jadi sebel mintak ampun. Coz pasti nyeritaain masalah masalah mereka. Bukannya kasih kabar gembira ato apa gitu, malah ngejadiin oma kayak tempat sampah. Tanteku yang di waru ini mangkel sikap oma yang berubah kalo uda di telpon terus ceritalah ke mama. Mama jadi ikut mangkel, lha wong orang tempramental apsti cepet naik darah. Awal awal okelah bisa ngomong baik baik. Tapi tanteku yang di malang n ausy ini sering salah tangkep n wadul ke oma. Masalah jadi makin ribet wes. Lebih ribet lagi sikap oma yang gak bisa bijaksana. Bukannya jadi penengah malah jadi kompor juga. Alhasil orang empat itu jadi gak rukun. Yah gitulah singkatnya.

Dari tante, ke masalah om ku. Orang satu ini brengsek banget. Dari aku kecil aku uda sering liat dia sering tukaran ama mama. Kalo uda gitu, banyak barang melayang n suasana rumah panas banget. Belom lagi sifat bajingannya itu loh gak nguati. Suka binin anak orang hamil. Nah loh! Iyap! Doyan perawan! Awal nikah dulu juga gitu. Pengen ngedapetin cewek, ya dibikin hamil dulu trus nikah. Tapi gak lama (15 taun kemudian) akirnya cerai. Kenapa? Melakukan hal yang sama. Habis ngehamili daun muda.

Masalah lagi. Entah dulu ceritanya gimana aku gak nyimak, yang jadi masalah, istrinya yang sekarang itu kan pas bulan puasa kemaren nginep di rumah. 6-7 mingguan lah. Tapi nginep bukan karna hal baik baik, tapi kabur dari masalahnya. Ternyata si om ku itu nemu daun muda lagi. Padahal baru kenal bentar, diajak join kerja, deket, deket, kelon dah. Entah bplong ato gak. Tapi katanya sih udah dibolongi. Brengsek banget kan! Nah, istri keduanya itu kabur ke sini, nginep sama anak yang kecil (punya 2 anak)

Selama nginep itu gak ada kejelasan mau sampek kapan. Begitu ditanya apa latar belakangnya n hal itu negatip, langsung papa nyuruh dia buat ndang mbalik ke tempat asalnya. Pas disini sih dia nyaman banget. Anak ada yang ngurus, makan tinggal ambil, ngompi tingal bikin, minum ya tinggal tuang, tidur tinggal rebahan n narsis time lancar jaya. Anak sampek gak diurus. Kalo mangkel ama om ku, ya anaknya yang jadi sasarang. Mama uda sering aku bilanging tapi gak ada tindakan. Sampek akhirnya mama liat sendiri, ya diumbah deh itu orang sampek nanges sesenggukan.

Singkat cerita tiba waktunya pulang. Tapi sebelum pulang ada adegan sinetron yang mendramatisir. Om ku bilang mau jemput tapi molor mulu sampe akirnya beneran dateng tapi gak berani ke rumahku coz ada masalah juga ama tetanggaku. Buat masalah ini okelah aku ulas dikit. Om ku ini selain bermasalah tentang perempuan, juga tentang duit. Dua tetanggaku jadi korban. Pertama, tetanggaku yang polos ini diajakin join bisnis trus om ku pinjem duit entah berapa nominalnya. Tapi pas orangnya lagi butuh om ku malah menghilang. Kata mama itu kebiasaane om ku, kalo ada masalah malah menghilang. Okeh lanjut. Otomatis tetanggaku itu nyari kabar om ku ke rumah. Mama yang gak tau apa apa tentang kejadian itu ya gak bisa bantu banyak. Lha wong juga kehilangan jejak.

Masalah yang lain masih ada kaitannya ama duit. Waktu om ku disini itu kan niatnya disuruh ngerancang atap rumah sambil papa bantu nyariin obyekan kerja di surabaya. Lumayan lah buat biasa sendiri. Tapi om ku ini gengsian. Dapet obyekan dikit uda songong nyewa mobil buat wira wiri. Dana habis buat biaya sewa n bensin mobil. Alhasil obyekan yang lumayan besar jadi berantakan n waktu itu bikin aku kayak dikejar debtkolektor coz om ku gak bisa ngelunasi pembayaran pengiriman barang. Lagi lagi om ku ngilang. Tapi akirnya beres. Gak lama mikin masalah puncak. Mobil yang disewa itu digadaikan. Yang punya mobil terus tanya mama kemana om ku ini.

Untung yang punya mobil ini pinter, masang gps di mobil jadi bisa tau ada dimana mobilnya. Akirnya sampek ditebus sendiri habis sekitar 10 jutaan lebih kayaknya. Sekali lagi om ku ngilang tanpa jejak. Otomatis tetanggaku yang punya mobil ini mintak ganti rugi. Gak bakal dilaporin polisi asalkan uang ganti rugi itu ada. tapi sampek sekarang gak lunas lunas. Mungkin udah dibayar, gak tau berapa sisanya. Yang pasti masih belom lunas. Itu udah mencoreng nama keluargaku. Aku dewe juga ngerasa gak enak kalo ketemu tetanggaku itu.

Yah itu sekilas tentang masalah yang dibuat om ku ama tetanggaku sampek sampek gak berani muncul. Nemuin papa n mama pun gak berani. Nah pas dimintai jemput itu malah mintak ketemuan di jalan. Istrine ini gak tau jalan n pas tanya ancer ancer e, om ku malah ngamuk n bilang uda bablas ke jogja. Oh ya, om ku ngerintis bisnisnya dari awal lagi di jogja tempat diamana dia ketemu daun muda itu. Cerita lagi tentang om ku, benernya dia orang yang cerdas n selalu berhasil memulai usaha tapi selalu gagal pas ngembangin. Gak Cuma gagal, tapi hancur.

Okeh, tadi gak mau kasih ancer ancernya dimana mau nunggu malah bilang udah bablas ke jogja. Sontak pas aku tau itu aku mentolo ngaplok ae. Tapi pas pagi uda dipeseni mama gak usa melok ngamuk, yawes tak tahan ae. Tapi begitu denger gitu mentolo tak tusuk pake pedangku ae. Aku wes budrek, pedang di kamar tak buka tak ayun ayun buat latian nusuk kalo om ku itu dateng. Tapi nyatanya gak. Adegan telenovela berlanjut. Sampe si instri bilang pokok e dijepmut, entah dia mau bercumbu ama selingkuhannya itu lagi ato gak gak maslah pokoknya dia bisa pulang. Akhirnya dia pulang.

Gak lama ada adegan drama lagi. Si istrinya itu bilang kalo gak dipulangin ke cilacap, malah di jogja. Parahnya bukan di rumah kantor kontrakannya tapi di penginapan. Telpon mama pake nanges nages bikin bingung orang aja. Tapi ya gimana, mintak tolong disini pun percuma. Akirnya mama nelpon sodaranya buat njemput dia. Tapi anehnyan dia bileng ke tanteku yang di waru itu kalo uda di kontrakan n pas dijemput sodaranya pun juga di kontrakan. Hallllllllloooooooo !!! mana yang bener?! Nah pas disni galau ama tindakan om ku yang gak bisa dipegang omongan n kelakuannya, tapi pas disana kok bisa jalan jalan bareng. Jalan jalan ke malioboro, foto foto seneng seneng.

Aku sampek mikir, bener e masalah e opo sih kok sampek ngunu iku? Asline kan iso diselesein dewe gak perlu kabur kesini Cuma buat nyari pembelaan n pembenaran ae. Yang ada malah bikin repot i bikin pusing. Toh disana jug punya sodara yang bisa ngebantu nyelesein. Usut punya usut  emang rumah tangganya itu bermasalah. Meteng disek, gak duwe surat nikah, bingung ngurus akta kelahiran, finansial dll lah. Kalo tak tulis rinci bisa berlembar lembar ini. Yang jelas intinya kesalahan keputusan pas mau diperawani itu dengan iming iming duit tapi nyatanya gak berwujud. Yah yah yah, meski uda gak disini masih bikin pikiran ruwet. Huft.

Okeh, sekarang beralih ke masalah intern keluarga. Aku anak kedua. Aku punya mbak, tapi rasa rasanya meski punya mbak tapi gak bisa jadi panutan, lebih lagi buat adekku. Kalo dikasih tau yang bener selalu mbantah mbantah dan mbantah biarpun jelas jelas salah. Mbantah n njawab terus. Gak jarang tamparan n pukulan melayang n dia gak kapok. Terus aja kayak gitu n itu ditiru adekku. Sampek suatu kejadian dia ditendang papa. Gak perlu tak tulis, malah bikin aku mangkel. Tapi yang bikin mangkel lagi setelah ini. Kebiasaan dia yang pengen diperhatikan muncul. Apa yang uda dia lami itu dia apdet di fb. Nah, otomatis dibaca banyak orang. So pasti tanteku yang dari malang n ausy ikut nimbrung juga. Yang dari ausy awalnya tanya baik baik, tapi mbakku itu kasih jawaban seolah olah dia dapet perlakuan kayak gitu tanpa sebab. Tanteku ga terima, langsung ngomel ke papa. Papa juga gak terima lah diomeli ama orang yang gak tau masalahnya (itu kata oma. Lagi lagi tanteku ini wadul hal yang gak penting)

Tanteku yang di malang malah ngomen lebih aneh. Nyuruh mbakku minggat timbang dapet perlakuan gitu terus. Mbakku denga polos nanggepi, entah apa itu. Yang jelas, dia kan dapet pembelaan. Tapi pembelaan dari orang yang gak tau masalahnya. Itu semua dibaca temen dari mantan istrine om ku yang juga temen te tante tanteku alias orang luar yang kemudian tanya ke mantan istrine om ku trus ditanyain ke tanteku yang di waru itu. Dia gak tau, begitu dikasih tau langsung ngomong mama. Mama otomatis ngamuk. Mosok tante ngasih saran yang gak bermutu. Mama ngomel ngomel mintak dua tanteku itu buat mintak maaf tapi gak ada juntrungane.

Parahnya tanteku yang dari malang itu beraninya Cuma wadul ke oma, meski ada aku gak mau ngobrol ama aku padahal lewat telpon. Hadeh hadeh. Bikin puyeng wes urusan ini. Punya mbak gak bisa diandelin n gak bisa jadi panutan itu soroh wes. Tambah lagi adekku yang mewarisi kebiasaane mbakku susah diatur, suka mbantah n mbangkang. Kalo aku ringan tangan, adekku pasti ancur. Kalo aku tegesi biasa malah ngelunjak. Aku serba salah. Kondisi yang kayak gini rasane makin ngehimpit aku n pikiranku. Aku puyeng dewe. Aku berusaha gak fokus sama masalah ini, tapi aku gak punya pengalihan.

Ngomong ama Tuhan! Meski gak ngomongpun Tuhan juga uda tau. Cuma satu aja tanya ku. Kenapa! Kenapa punya mbak yang gak kayak seharusnya. Kenapa punya tante n om yang bikin masalah aja. Kenapa punya adek yang mbangkang. Kenapa aku kok gak ndang dapet kerja dari interfiu interfiu yang ada. kenapa aku mikirin itu. Kenapa aku nulis ginian. Kepalaku penuh ama hal semacem ini. Aku masih nyari jawaban. Ato paling gak itu titik terang menuju jawaban. Tapi aku masih belom nemu. Masih ruwet. Rasa malu, tanggung jawab, sikap dewasa, panutan yang baik, bergaul ama masyarakat dll semua numplek jadi satu,

Saking ruwetnya aku sampek gak mikirin pacar. LDR ini bikin serasa entahlah. Makin kerasa efeknya. Yang ada kau gampang marah. Kasihan benere, tapi entah, dia juga gak ada pernyataan jelas tentang betapa keberatannya dia. Tambah lagi dia makin diem ae kalo ada m,asalah. Padahal udah sepakat kalo ldr ini komunikasi gak boleh putus. Tapi nyatanya dia yang diem aja kalo ada masalah n nganggep masalah bakal ngilang dengan sendirinya. Mangkel?! Yo jelas lah. Komunikasi bukan Cuma tentang percakapan sehari hari, tapi termasuk penyampaian keluh kesah, protes, marah n apapun. Lah wong ngejalani berdua.

Hmm, mbahas pacar dikit. Yah aku minta email n pasword fbnya. Ngecek ada apa isinya. Yah Cuma sambil lalu aja. Pastine akuh lah lanangan sing nggoleki. Padahal aku wes golek sing gak ayu tapi sek akuh ae sing nggoleki. Dia juga mintak email n pasword fb ku. Tak kasih, tapi kayak e dia syok n gak terima ato apalah aku gak tau. Dia gak mau bilang n gak bakal bilang paleng. Yah itu hak e se. Tapi wes ngelanggar kesepakatan. Wes sekian kali kayak gitu yawes tak biarno ae. Mulai sejak aku nulis ginian, terserah dia mau diem sampek kapan ya  monggo, nek mau ngomong yo tak ladeni. Mau ngecap aku apapun terserah. Tapi selama gak ngomong alias BERSUARA langsung ke aku, tak anggep angin lalu ae. Ini lepas dari perasaan, tapi kedewasaaan diri n tentang komitmen.

Hmm... kebuntuan kayak gini biasae aku rokok an. Berhubung bokek aku bingung. Di dompet gak ada uang. Mau keluar ya pikir pikir ulang. Gitaran pun asanya buntu gak ada inspirasi. Coba buat nulis cerita tapi juga lagi buntu. Repot ah. Pacar jauh, gak punya duit, gak punya kerjaan, masalah dateng gak gantian.

Aku kudu ngapain se ini bener e? Sempet mikir aku pengen tidur ae terus tapi gak bangun bangun. Alias eM.A.Te.I ae enak gak kakean mikir. Gak kakean tanggung jawab. Gak Cuma pengen dingertiin, tapi pahami. Masalahnya sekarang, mau ato gak? Bukan bisa ato gak. Capek aku. Fisik n pikiranku capek rasae. Rekreasi atopun istirahat atopun sex ato apapun rasae gak bisa ngerefresh kebutekan n kebuntuanku sekarang ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

iseng iseng © 2008. Design By: SkinCorner