KEBERADAAN PACHINKO DALAM PERSAINGAN DENGAN BISNIS HIBURAN LAIN MAKALAH NIHON TAISHU BUNKA

Pendahuluan
Di Jepang, banyak sekali ragam budaya yang populer baik di Jepang maupun di luar Jepang. Salah satunya adalah Pachinko, kegiatan rekreasi yang paling populer di Jepang, dan untuk beberapa itu jauh lebih dari sekedar rekreasi. Pachinko adalah sebuah permainan yang menggunakan mesin yang disebut pachinko parlor yang didesain seperti gabungan antara mesin slot dan pinball. Orang Jepang biasa bermain pachinko saat mereka sedang mengalami kepenatan. Mereka bisa menghabiskan banyak waktu di dalam area permainan tersebut.
Namun, jika kita melihat kondisi tersebut, sebenarnya kondisi tersebut tidak bisa dibilang sebagai penghilang kepenatan. Karena kondisi di dalam area permainan tersebut sangat bising dengan suara musik dan suara mesin pachinko itu sendiri sampe ke tingkat 97 desibel.
Tujuan utama orang Jepang brmain pachinko adalah untuk menghilangkan stres. Tapi sebenarnya bermain pachinko bisa menambah stres, karena bermain pachinko akan menguras banyak uang. Bisa dikatakan bahwa pachinko termasuk ke dalam permainan judi. Jika memenangkan jackpot, maka akan mendapat banyak bola-bola logam yang nantinya bisa ditukar dengan uang. Jika tidak menang, tidak akan mendapat apa-apa.
Cara bermain pachinko sangat mudah. Hanya tinggal membeli bola besi (gotri) dengan harga 4 yen per bola. Rata rata setiap orang yang bermain akan mengeluarkan uang sebesar 100 yen untuk sekali bermain. Setelah membeli bola tersebut, pilih mesin yang diinginkan. Kemudian masukkan bola ke lubang dan tekan tuasnya, maka akan bergerak dengan sendirinya. Jika menang, mesin akan mengeluarkan bola yang lain. Namun, kesempatan menangnya kemungkinan hanya 70:30 saja. Tidak heran jika ada orang yang bisa menghabiskan sampai beberapa ribu yen untuk permainan ini.
Biarpun pachinko ini merupakan permainan yang banyak menghabiskan uang, dan kondisi ekonomi yang kian sulit, masih banyak orang Jepang yang memainkannya. Keberadaan arena pachinko di Jepang tidak terlalu sulit ditemukan. Biasanya banyak terdapat di dekat stasiun atau pun di ruko-ruko jika di daerah tersebut tidak terdapat stasiun.

Rumusan Masalah
1. Mengapa orang Jepang masih menganggap pachinko sebagai sarana penghilang kepenatan walaupun menghabiskan banyak uang?
2. Bagaimana masa depan permainan pachinko di dalam bisnis hiburan yang makin banyak berkembang di Jepang?
Tujuan
1. Untuk mengetahui mengapa orang Jepang menganggap pachinko sebagai sarana penghilang kepenatan walaupun menghabiskan banyak uang
2. Untuk mengetahui masa depan pachinko di dalam bisnis hiburan yang makin banyak berkembang di Jepang.

Pembahasan

1. Motifasi Orang bermain Pachinko
Siapa yang menyangka bahwa bisnis hiburan pachinko memiliki omset yang besar. Seberapa besar bisnis pachinko di Jepang? Teryata dalam bisnis pachinko mempekerjakan sepertiga juta orang, tiga kali lebih dari industri baja, 40 persen dari industri hiburan Jepang -termasuk restoran dan bar, dan dengan hampir 20 juta penggemar rutin, dengan omset 30000000000000 ¥ tahun (sebuah omset lebih tinggi dari industri mobil.)
Pada awal 2001 perusahaan BS Inggris Group membeli saham di Tokyo Plaza, yang menjalankan sekitar 20 panti di Jepang. Hal ini membuktikan bahwa bisnis hiburan ini menjanjikan untung yang sangat banyak. Leibh lagi jika memiliki banyak cabang dengan minimal 20 panti per cabangnya.
Untuk menemukan pachinko tidaklah susah. Keberadaannya banyak tersebar di dekat stasiun. Tanda sebuah tempat bermain pachinko adalah adanya seuah neon box yang memiliki warna yang menyolok yang berkedap-kedip. Begitu berada di depan pintunya, akan disambut dengan suara bising.
Dalam bermain pachinko, pemain hanya bersikap pasif yang hanya mengatur kecepatan bola peluru yang di maukkan ke dalam mesin pachinko. Meskipun hanya mengatur kecepatan, tapi juga perlu sedikit keahlian dalam mengaturnya. Jika bola itu jatuh ke lubang ang salah, maka akan hilang begitu saja dan harus mengulang dari awal sampai nanti mendapatkan jackpot berupa 3 gambar yang sama. Namun, kesempatan itu jarang di dapat. Jika memenangkan jackpot, makan akan ada banyak bola/peluru yang keluar. Jika tidak, uang akan melayang sia-sia karena tidak mendapat apa-apa.
Menurut tuan Nakamura, orang yang sering bermain pachinko, "Kalau bukan untuk hadiah, saya tidak akan repot-repot untuk bermain, itu akan seperti video game. Mengapa membuang-buang uang Anda?" masih menurut tuan Nakamura, ia mengatakan membuat ¥ 92.000 ($ 836) dalam tiga jam, mulai keluar dengan hanya 3.000 ¥. Pada terburuk, ia kehilangan ¥ 55.000 ($ 500) pada sekitar periode waktu yang sama. Mesin favoritnya adalah jenis hanemono. "Hanemono menyenangkan," katanya. Di Sendagi, kita bisa bermain empat mesin pada waktu yang sama. Tempat lainnya tidak akan membiarkan Anda melakukan itu, tambahnya demikian.
Bola/peluru yang didapat dari hasil jackpot itu bisa ditukar dengan hadiah yang ada di tempat itu. Namun, kebanyakan tidak menginginkan untuk ditukar dengan hadiah barang, melainkan ingin ditukar dengan uang, karena tidak diperkenankan untuk benar-benar membayar tunai. Tapi karena hal itu termasuk judi yang terang-terangan, maka tidak ada fasilitas yang seperti itu. Namun, ada pihak-pihak dari pachinko terkait yang membuka usaha sampingan untuk menukar hadiah khusus yang didapat dengan uang. Hal ini agar tidak menimbulkan kecurigaan polisi.
Saat pemain mendapatkan hadiah khusus dan ingin menukarnya dengan uang, nanitinya akan disarankan untuk ke “gang belakang” menuju ke tempat yang terdapat lubang di dinding. Disana adalah semacam sub-kontraktor yang membagi-bagikan uang tunai untuk hadiah khusus dan kemudian menjual hadiah kembali ke panti pachinko. Namun sebenarnya kegiatan semacam itu pun bisa dibilang kegiatan yang ilegal. Hadiah khusus biasanya barang-barang seperti bar dari plastik dengan mutiara palsu tertanam di dalamnya atau flat "emas batangan,"
Tapi meskipun ada pembatasan rasio menang yang ditetapkan oleh pemerintah, panti sering memanipulasi halitu seperti dengan meningkatkan jackpot pada hari-hari sibuk untuk menarik orang kembali lagi. Di sisi lain, ada juga berbuat curang mengakali pemain dengan menggunakan perangkat elektronik atau magnet cerdik untuk mencoba dan hotwire mesin digital membuat pembayaran menjadi besar.
Ada sejumlah majalah khusus pachinko (perjalanan terakhir ke toko buku Kinokuniya di Shinjuku, salah satu terbesar Tokyo, muncul 17 majalah yang berbeda pada kios), dan bahkan sekolah-sekolah pengajaran terbaru tentang cara untuk mengalahkan mesin-mesin baru. Hal itu ditujukan untuk orang-orang yang benar-benar berhasrat untuk menang dalam pachinko.
Menurut Stasiun TV Mezamashi, tempat-tempat pachinko sangat berbahaya jika terjadi kebakaran.. Disebutkan juga bahwa hanya 2 orang dari 10 pemain yang bisa mendengarkan suara hape mereka berbunyi. Dan gawatnya, cuma 1 orang dari semua pemain yang ada disana yang sadar ada suara alarm kebakaran setelah 50 detik karena saking bisingnya di dalam tempat permainan itu. Dan lagi lorongnya yang sempit yang tidak memungkinkan untuk bisa lari keluar sesegera mungkin jika benar terjadi kebakaran.
2. Jenis Pachinko
Mesin pachinko seharga sekitar ¥ 150.000 per unit, dan pemilik panti biasanya membeli mereka langsung. Bahkan dalam satu ruang tamu kecil akan memiliki minimal 100 unit. Rumah panti yang lebih besar memiliki 500 atau lebih. Meskipun variasi berlimpah, dan terminologi tampaknya agak berbeda, ada tiga jenis utama mesin pachinko: Hanemono, Deji-pachi dan Kenrimono.
a. Hanemono (hane berarti "sayap," dan sebagai akhiran, mono berarti "tipe") adalah yang paling mudah untuk bermain. Jenis mesin memiliki slot skor pusat dengan sayap-seperti pelengkap yang sejenak terbuka di bawah kondisi tertentu, yang memungkinkan bola untuk masuk lebih mudah. Dalam hanemono, penempatan pin tetap menjadi faktor dalam memenangkan. Mereka lebih murah untuk bermain karena mereka kurang berisiko, tetapi meskipun menang kurang spektakuler.
b. Deji-pachi (pachinko digital) mengacu pada jenis mesin di mana imbalan yang dikendalikan oleh komputer. Fitur Deji-pachi adalah sebuah layar LED atau LCD di tengah, diaktifkan ketika bola memasuki slot tertentu. Layar pusat biasanya menyerupai drum pada mesin slot, tapi pachi-suro, atau "slot pachinko" adalah kategori yang berbeda sama sekali. Pada mesin deji-pachi, penempatan pin adalah konsekuensi kurang dari pada mesin hanemono. Ketika layar utama menunjukkan 7-7-7, atau beberapa kombinasi pemenang lainnya, urutan membayar-off dikenal sebagai "demam" dimulai, dan mesin ini kadang-kadang disebut sebagai tipe fiiba.
c. Kenrimono (kenri berarti "benar / klaim / hak istimewa," dan mono berarti "tipe") mesin untuk jenis-penjudi yang serius. Nama adalah referensi ke beberapa "hak" yang diperoleh dalam bermain. Sukses pada mesin kenrimono memerlukan pengetahuan rinci dari "hak" dan bagaimana untuk mengambil keuntungan dari mereka. Dengan satu model kenrimono, pemain memiliki kesempatan 1 dalam 300 menang, namun, hanya satu kemenangan up akan tingkat sepuluh kali (1 dalam 30), dan dapat mengumpulkan antara 800 dan 6.500 bola.
Setelah pemain mendapatkan satu kemenangan, semua bola harus ditujukan pada tempat tertentu di sisi kanan mesin. Pemain sering terlihat duduk di mesin ini dengan beberapa ember bola, biasanya tanda pasti mereka keluar untuk membuat uang. Pemain bisa menang besar, tetapi juga kehilangan besar di mesin ini. Untuk pemula diharapkan untuk berhati-hati. Sebuah entri baru-baru ini populer di panti pachinko adalah pachi-suro mesin (kontraksi dari render katakana dari "pachinko-slot"). Ini adalah dasarnya mesin slot hanya yang menggunakan token daripada koin nyata. Token dapat diperdagangkan untuk hadiah seperti bola pachinko.

3. Masa depan pachinko
Seperti halnya kegiatan rekreasi yang lain, pachinko mengalami erosi dalam basis dukungannya sebagai gaya hidup Jepang dan rekreasi mengubah kebiasaan.Industri hiburan telah tumbuh dan berkembang, dan orang-orang memiliki banyak cara untuk menghabiskan waktu luang mereka daripada di masa lalu.
Pachinko sekarang harus bersaing dengan berbagai kompetitor, termasuk karaoke, home video, conpact disc, TV layar lebar dan permainan video komputer, hanya untuk beberapa nama. Industri ini melakukan semua yang bisa untuk membangkitkan minat dan mendatangkan pelanggan baru, tetapi banyak panti yang gelisah tentang masa depan, dan beberapa dalam keadaan hampir panik.
Beberapa panti telah merespon dengan meningkatkan perabotan dan fasilitas, banyak yang tidak kalah mewah. Sejumlah panti sekarang menawarkan kopi gratis, layar video dan TV miniatur melekat ke mesin pachinko. Beberapa bahkan telah mengubah dan mengganti background musik yang diputar di dalam pachinko ataupun seluruh ruangan.
Selain itu, panti juga mulai membangun bagian khusus perempuan dan menawarkan hadiah kelas atas seperti tas Gucci, berharap untuk memberikan permainan gambar mulia. Beberapa panti bahkan menyediakan kulkas sehingga ibu rumah tangga dapat menyelundup belanjaan mereka ketika mereka berhenti dalam perjalanan pulang dari berbelanja.
Meskipun persaingan semakin keras di dalam dunia hiburan Jepang, pachinko masih terus diminati oleh masyaraat, bukan karena sekedar menjadi sarana hiburan semata, tetapi di Jepang terdapat sekolah/akademi pachinko. Dan mungkin hal itu yang menjadi daya tarik dari pachinko.
Pelajaran yang diberikan mulai dari sistim dasar kerja mesin pachinko parlor, program animasi permainan, hingga marketing dan manajemen industri pachinko. Malah sekolah ini dilengkapi dengan laboratorium pachinko yang didesain mirip dengan suasana pachinko lengkap dengan mesin pachinko yang diatur berderet. Menurut kepala sekolah G&E Bussines School, sebuah akademi pachinko yang berdiri sejak 2006, kebanyakan lulusan sekolah mereka bekerja di pabrik pembuat mesin pachinko besar seperti Sankyo, Maruhan dan Sammy juga sebagai staff pengiklanan dan marketing di perusahaan pachinko.
Para murid yang belajar di sekolah ini berkisar antara 19 hingga 25 tahun dengan tidak menutup kemungkinan bagi para pekerja didunia bisnis pachinko yang ingin menambah ilmu untuk ikut belajar.
Namun, bisnis pachinko sulit sekali untuk bisa dilepaskan dari aktifitas Yakuza. Yakuza berusaha untuk meninggalkan bisnis illegal dan memasuki berbagai area bisnis yang ditetapkan legal oleh pemerintah Jepang termasuk bisnis pachinko dan bisnis pertanahan. Memang pachinko merupakan bisnis yang sah, tapi bersaing dengan Yakuza juga merupakan suatu bisnis yang cukup menakutkan bagi para pengusaha.
Melihat betapa banyak limpahan Yen dan ikut campurnya gangster dalam bisnis pachinko, entah sampai kapan akademi pachinko ini bisa bertahan. Mungkin cuma fenomena sementara atau malah menjadi bisnis pelatihan baru? Paling tidak ada sebuah sekolah pelatihan dengan genre yang berbeda dengan akademi biasa.
Meskipun aspek judi merupakan bagian dari daya tarik tak terbantahkan bagi semua pemain, untuk sejumlah kecil profesional pachinko (disebut pachi-Puro), permainan benar-benar dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Kesimpulan
Di Jepang banyak sekali sarana hiburan, salah satunya adalah pachinko yang mana adalah sebuah permainan yang menggunakan mesin yang disebut pachinko parlor yang didesain seperti gabungan antara mesin slot dan pinball. Yang sering digunakan untuk menghilangkan kepenatan.
Pachinko bisa dibilang juga judi, karena banyak yang mempertaruhkan banyak uang demi mendapatkan untung yang lebih dari yang dipertaruhkan. Namun, di arena pachinko tersebut tidak terdapat fasilitas penukaran dengan uang tunai, tapi ada bagian khusus yang melayani hal itu.
Alasan utama banyak orang yang menggunakan pachinko sebagai sarana hiburan adalah karena jika menang dalam permainan ini, maka akan bisa mendapatkan banyak uang. Namun, modal yang diperlukan juga tidak sedikit. Jika menang, yang didapat bisa lebih dari modal yang dikeluarkan, tetapi jika kalah, bisa menguras banyak harta yang ada. Sehingga ada yang bilang kalau permainan pachinko adalah game yang berbahaya jika salah memainkannya. Tidak jarang seseorang harus tidur di jalanan karena kehilangan rumah dan keluarga.
Bermain pachinko identik dengn permainan laki-laki/pria, tetapi, banyak panti yang menyediakan fasilitas untuk wanita, yaitu berupa hadiah yang bermerk dan kenyamanan ekstra. Sehingga akan menarik minat ibu-ibu untuk bermain setelah mereka selesai berbelanja dan bisa menghabiskan waktu untuk bermain pachinko.
Namun, dalam perjalanannya, pachinko sedikit banyak mengalami pergeseran minat sebagai sarana rekreasi publik karena bersaing dengan industri hiburan lain. Akan tetapi, hal itu tidak serta merta menyurutkan minat orang-orang Jepang untuk tetap bermain pachinko. Hal itu dikarenakan ditingkatkannya fasilitas-fasilitas penunjang kenyamanan pelanggan.
Selain itu juga, terdapat akademi pachinko. Pelajaran yang diberikan mulai dari sistim dasar kerja mesin pachinko parlor, program animasi permainan, hingga marketing dan manajemen industri pachinko. Didalamnya terdapat laboratorium sendiri. lulusan sekolah mereka bekerja di pabrik pembuat mesin pachinko besar seperti Sankyo, Maruhan dan Sammy juga sebagai staff pengiklanan dan marketing di perusahaan pachinko.
Bisnis pachinko juga tidak lepas dari keikutsertaan yakuza. Karena banyak yakuza yang beralih ke bisnis yang dilegalkan pemerintah dan pachinko salah satu yang menjadi pilihan. Dan karena ada keteraitan dengan yakuza, keberadaan akademi pachinko tersebut juga diragukan akan bertahan lama atau tidak


Daftar Pustaka

Akademi Pachinko. http://blogger.com/kimagure/.diakses tanggal 26 Juni 2011.
Kumpulan Cerita Terbuang Tentang Jepang - Khusus Judi Pachinko. http://keranjangkecil.jp/ .diakses pada tanggal 26 Juni 2011.
Pachinko. http://googleseacrh/ .diakses pada tanggal 22 Juni 2011.
Pachinko. http://japan-guide.com/.diakses pada tanggal 26 Juni 2011.
Pachinko Hobi Nasional Jepang.http://google.com/googletraanslate/pachinko-history/.diakses pada tanggal 22 Juni 2011.
 

iseng iseng © 2008. Design By: SkinCorner