Pendahuluan
Di Jepang, banyak sekali ragam budaya yang
populer baik di Jepang maupun di luar Jepang. Salah satunya adalah
Pachinko, kegiatan rekreasi yang paling populer di Jepang, dan untuk
beberapa itu jauh lebih dari sekedar rekreasi. Pachinko adalah sebuah
permainan yang menggunakan mesin yang disebut pachinko parlor yang
didesain seperti gabungan antara mesin slot dan pinball. Orang Jepang
biasa bermain pachinko saat mereka sedang mengalami kepenatan. Mereka
bisa menghabiskan banyak waktu di dalam area permainan tersebut.
Namun,
jika kita melihat kondisi tersebut, sebenarnya kondisi tersebut tidak
bisa dibilang sebagai penghilang kepenatan. Karena kondisi di dalam area
permainan tersebut sangat bising dengan suara musik dan suara mesin
pachinko itu sendiri sampe ke tingkat 97 desibel.
Tujuan utama
orang Jepang brmain pachinko adalah untuk menghilangkan stres. Tapi
sebenarnya bermain pachinko bisa menambah stres, karena bermain pachinko
akan menguras banyak uang. Bisa dikatakan bahwa pachinko termasuk ke
dalam permainan judi. Jika memenangkan jackpot, maka akan mendapat
banyak bola-bola logam yang nantinya bisa ditukar dengan uang. Jika
tidak menang, tidak akan mendapat apa-apa.
Cara bermain pachinko
sangat mudah. Hanya tinggal membeli bola besi (gotri) dengan harga 4 yen
per bola. Rata rata setiap orang yang bermain akan mengeluarkan uang
sebesar 100 yen untuk sekali bermain. Setelah membeli bola tersebut,
pilih mesin yang diinginkan. Kemudian masukkan bola ke lubang dan tekan
tuasnya, maka akan bergerak dengan sendirinya. Jika menang, mesin akan
mengeluarkan bola yang lain. Namun, kesempatan menangnya kemungkinan
hanya 70:30 saja. Tidak heran jika ada orang yang bisa menghabiskan
sampai beberapa ribu yen untuk permainan ini.
Biarpun pachinko ini
merupakan permainan yang banyak menghabiskan uang, dan kondisi ekonomi
yang kian sulit, masih banyak orang Jepang yang memainkannya. Keberadaan
arena pachinko di Jepang tidak terlalu sulit ditemukan. Biasanya banyak
terdapat di dekat stasiun atau pun di ruko-ruko jika di daerah tersebut
tidak terdapat stasiun.
Rumusan Masalah
1. Mengapa orang Jepang masih menganggap pachinko sebagai sarana penghilang kepenatan walaupun menghabiskan banyak uang?
2. Bagaimana masa depan permainan pachinko di dalam bisnis hiburan yang makin banyak berkembang di Jepang?
Tujuan
1.
Untuk mengetahui mengapa orang Jepang menganggap pachinko sebagai
sarana penghilang kepenatan walaupun menghabiskan banyak uang
2. Untuk mengetahui masa depan pachinko di dalam bisnis hiburan yang makin banyak berkembang di Jepang.
Pembahasan
1. Motifasi Orang bermain Pachinko
Siapa yang
menyangka bahwa bisnis hiburan pachinko memiliki omset yang besar.
Seberapa besar bisnis pachinko di Jepang? Teryata dalam bisnis pachinko
mempekerjakan sepertiga juta orang, tiga kali lebih dari industri baja,
40 persen dari industri hiburan Jepang -termasuk restoran dan bar, dan
dengan hampir 20 juta penggemar rutin, dengan omset 30000000000000 ¥
tahun (sebuah omset lebih tinggi dari industri mobil.)
Pada awal
2001 perusahaan BS Inggris Group membeli saham di Tokyo Plaza, yang
menjalankan sekitar 20 panti di Jepang. Hal ini membuktikan bahwa bisnis
hiburan ini menjanjikan untung yang sangat banyak. Leibh lagi jika
memiliki banyak cabang dengan minimal 20 panti per cabangnya.
Untuk
menemukan pachinko tidaklah susah. Keberadaannya banyak tersebar di
dekat stasiun. Tanda sebuah tempat bermain pachinko adalah adanya seuah
neon box yang memiliki warna yang menyolok yang berkedap-kedip. Begitu
berada di depan pintunya, akan disambut dengan suara bising.
Dalam
bermain pachinko, pemain hanya bersikap pasif yang hanya mengatur
kecepatan bola peluru yang di maukkan ke dalam mesin pachinko. Meskipun
hanya mengatur kecepatan, tapi juga perlu sedikit keahlian dalam
mengaturnya. Jika bola itu jatuh ke lubang ang salah, maka akan hilang
begitu saja dan harus mengulang dari awal sampai nanti mendapatkan
jackpot berupa 3 gambar yang sama. Namun, kesempatan itu jarang di
dapat. Jika memenangkan jackpot, makan akan ada banyak bola/peluru yang
keluar. Jika tidak, uang akan melayang sia-sia karena tidak mendapat
apa-apa.
Menurut tuan Nakamura, orang yang sering bermain
pachinko, "Kalau bukan untuk hadiah, saya tidak akan repot-repot untuk
bermain, itu akan seperti video game. Mengapa membuang-buang uang Anda?"
masih menurut tuan Nakamura, ia mengatakan membuat ¥ 92.000 ($ 836)
dalam tiga jam, mulai keluar dengan hanya 3.000 ¥. Pada terburuk, ia
kehilangan ¥ 55.000 ($ 500) pada sekitar periode waktu yang sama. Mesin
favoritnya adalah jenis hanemono. "Hanemono menyenangkan," katanya. Di
Sendagi, kita bisa bermain empat mesin pada waktu yang sama. Tempat
lainnya tidak akan membiarkan Anda melakukan itu, tambahnya demikian.
Bola/peluru
yang didapat dari hasil jackpot itu bisa ditukar dengan hadiah yang ada
di tempat itu. Namun, kebanyakan tidak menginginkan untuk ditukar
dengan hadiah barang, melainkan ingin ditukar dengan uang, karena tidak
diperkenankan untuk benar-benar membayar tunai. Tapi karena hal itu
termasuk judi yang terang-terangan, maka tidak ada fasilitas yang
seperti itu. Namun, ada pihak-pihak dari pachinko terkait yang membuka
usaha sampingan untuk menukar hadiah khusus yang didapat dengan uang.
Hal ini agar tidak menimbulkan kecurigaan polisi.
Saat pemain
mendapatkan hadiah khusus dan ingin menukarnya dengan uang, nanitinya
akan disarankan untuk ke “gang belakang” menuju ke tempat yang terdapat
lubang di dinding. Disana adalah semacam sub-kontraktor yang
membagi-bagikan uang tunai untuk hadiah khusus dan kemudian menjual
hadiah kembali ke panti pachinko. Namun sebenarnya kegiatan semacam itu
pun bisa dibilang kegiatan yang ilegal. Hadiah khusus biasanya
barang-barang seperti bar dari plastik dengan mutiara palsu tertanam di
dalamnya atau flat "emas batangan,"
Tapi meskipun ada pembatasan
rasio menang yang ditetapkan oleh pemerintah, panti sering memanipulasi
halitu seperti dengan meningkatkan jackpot pada hari-hari sibuk untuk
menarik orang kembali lagi. Di sisi lain, ada juga berbuat curang
mengakali pemain dengan menggunakan perangkat elektronik atau magnet
cerdik untuk mencoba dan hotwire mesin digital membuat pembayaran
menjadi besar.
Ada sejumlah majalah khusus pachinko (perjalanan
terakhir ke toko buku Kinokuniya di Shinjuku, salah satu terbesar Tokyo,
muncul 17 majalah yang berbeda pada kios), dan bahkan sekolah-sekolah
pengajaran terbaru tentang cara untuk mengalahkan mesin-mesin baru. Hal
itu ditujukan untuk orang-orang yang benar-benar berhasrat untuk menang
dalam pachinko.
Menurut Stasiun TV Mezamashi, tempat-tempat
pachinko sangat berbahaya jika terjadi kebakaran.. Disebutkan juga bahwa
hanya 2 orang dari 10 pemain yang bisa mendengarkan suara hape mereka
berbunyi. Dan gawatnya, cuma 1 orang dari semua pemain yang ada disana
yang sadar ada suara alarm kebakaran setelah 50 detik karena saking
bisingnya di dalam tempat permainan itu. Dan lagi lorongnya yang sempit
yang tidak memungkinkan untuk bisa lari keluar sesegera mungkin jika
benar terjadi kebakaran.
2. Jenis Pachinko
Mesin pachinko
seharga sekitar ¥ 150.000 per unit, dan pemilik panti biasanya membeli
mereka langsung. Bahkan dalam satu ruang tamu kecil akan memiliki
minimal 100 unit. Rumah panti yang lebih besar memiliki 500 atau lebih.
Meskipun variasi berlimpah, dan terminologi tampaknya agak berbeda, ada
tiga jenis utama mesin pachinko: Hanemono, Deji-pachi dan Kenrimono.
a.
Hanemono (hane berarti "sayap," dan sebagai akhiran, mono berarti
"tipe") adalah yang paling mudah untuk bermain. Jenis mesin memiliki
slot skor pusat dengan sayap-seperti pelengkap yang sejenak terbuka di
bawah kondisi tertentu, yang memungkinkan bola untuk masuk lebih mudah.
Dalam hanemono, penempatan pin tetap menjadi faktor dalam memenangkan.
Mereka lebih murah untuk bermain karena mereka kurang berisiko, tetapi
meskipun menang kurang spektakuler.
b. Deji-pachi (pachinko
digital) mengacu pada jenis mesin di mana imbalan yang dikendalikan oleh
komputer. Fitur Deji-pachi adalah sebuah layar LED atau LCD di tengah,
diaktifkan ketika bola memasuki slot tertentu. Layar pusat biasanya
menyerupai drum pada mesin slot, tapi pachi-suro, atau "slot pachinko"
adalah kategori yang berbeda sama sekali. Pada mesin deji-pachi,
penempatan pin adalah konsekuensi kurang dari pada mesin hanemono.
Ketika layar utama menunjukkan 7-7-7, atau beberapa kombinasi pemenang
lainnya, urutan membayar-off dikenal sebagai "demam" dimulai, dan mesin
ini kadang-kadang disebut sebagai tipe fiiba.
c. Kenrimono (kenri
berarti "benar / klaim / hak istimewa," dan mono berarti "tipe") mesin
untuk jenis-penjudi yang serius. Nama adalah referensi ke beberapa "hak"
yang diperoleh dalam bermain. Sukses pada mesin kenrimono memerlukan
pengetahuan rinci dari "hak" dan bagaimana untuk mengambil keuntungan
dari mereka. Dengan satu model kenrimono, pemain memiliki kesempatan 1
dalam 300 menang, namun, hanya satu kemenangan up akan tingkat sepuluh
kali (1 dalam 30), dan dapat mengumpulkan antara 800 dan 6.500 bola.
Setelah
pemain mendapatkan satu kemenangan, semua bola harus ditujukan pada
tempat tertentu di sisi kanan mesin. Pemain sering terlihat duduk di
mesin ini dengan beberapa ember bola, biasanya tanda pasti mereka keluar
untuk membuat uang. Pemain bisa menang besar, tetapi juga kehilangan
besar di mesin ini. Untuk pemula diharapkan untuk berhati-hati. Sebuah
entri baru-baru ini populer di panti pachinko adalah pachi-suro mesin
(kontraksi dari render katakana dari "pachinko-slot"). Ini adalah
dasarnya mesin slot hanya yang menggunakan token daripada koin nyata.
Token dapat diperdagangkan untuk hadiah seperti bola pachinko.
3. Masa depan pachinko
Seperti
halnya kegiatan rekreasi yang lain, pachinko mengalami erosi dalam
basis dukungannya sebagai gaya hidup Jepang dan rekreasi mengubah
kebiasaan.Industri hiburan telah tumbuh dan berkembang, dan orang-orang
memiliki banyak cara untuk menghabiskan waktu luang mereka daripada di
masa lalu.
Pachinko sekarang harus bersaing dengan berbagai
kompetitor, termasuk karaoke, home video, conpact disc, TV layar lebar
dan permainan video komputer, hanya untuk beberapa nama. Industri ini
melakukan semua yang bisa untuk membangkitkan minat dan mendatangkan
pelanggan baru, tetapi banyak panti yang gelisah tentang masa depan, dan
beberapa dalam keadaan hampir panik.
Beberapa panti telah
merespon dengan meningkatkan perabotan dan fasilitas, banyak yang tidak
kalah mewah. Sejumlah panti sekarang menawarkan kopi gratis, layar video
dan TV miniatur melekat ke mesin pachinko. Beberapa bahkan telah
mengubah dan mengganti background musik yang diputar di dalam pachinko
ataupun seluruh ruangan.
Selain itu, panti juga mulai membangun
bagian khusus perempuan dan menawarkan hadiah kelas atas seperti tas
Gucci, berharap untuk memberikan permainan gambar mulia. Beberapa panti
bahkan menyediakan kulkas sehingga ibu rumah tangga dapat menyelundup
belanjaan mereka ketika mereka berhenti dalam perjalanan pulang dari
berbelanja.
Meskipun persaingan semakin keras di dalam dunia
hiburan Jepang, pachinko masih terus diminati oleh masyaraat, bukan
karena sekedar menjadi sarana hiburan semata, tetapi di Jepang terdapat
sekolah/akademi pachinko. Dan mungkin hal itu yang menjadi daya tarik
dari pachinko.
Pelajaran yang diberikan mulai dari sistim dasar
kerja mesin pachinko parlor, program animasi permainan, hingga marketing
dan manajemen industri pachinko. Malah sekolah ini dilengkapi dengan
laboratorium pachinko yang didesain mirip dengan suasana pachinko
lengkap dengan mesin pachinko yang diatur berderet. Menurut kepala
sekolah G&E Bussines School, sebuah akademi pachinko yang
berdiri sejak 2006, kebanyakan lulusan sekolah mereka bekerja di pabrik
pembuat mesin pachinko besar seperti Sankyo, Maruhan dan Sammy juga
sebagai staff pengiklanan dan marketing di perusahaan pachinko.
Para
murid yang belajar di sekolah ini berkisar antara 19 hingga 25 tahun
dengan tidak menutup kemungkinan bagi para pekerja didunia bisnis
pachinko yang ingin menambah ilmu untuk ikut belajar.
Namun,
bisnis pachinko sulit sekali untuk bisa dilepaskan dari aktifitas
Yakuza. Yakuza berusaha untuk meninggalkan bisnis illegal dan memasuki
berbagai area bisnis yang ditetapkan legal oleh pemerintah Jepang
termasuk bisnis pachinko dan bisnis pertanahan. Memang pachinko
merupakan bisnis yang sah, tapi bersaing dengan Yakuza juga merupakan
suatu bisnis yang cukup menakutkan bagi para pengusaha.
Melihat
betapa banyak limpahan Yen dan ikut campurnya gangster dalam bisnis
pachinko, entah sampai kapan akademi pachinko ini bisa bertahan. Mungkin
cuma fenomena sementara atau malah menjadi bisnis pelatihan baru?
Paling tidak ada sebuah sekolah pelatihan dengan genre yang berbeda
dengan akademi biasa.
Meskipun aspek judi merupakan bagian dari
daya tarik tak terbantahkan bagi semua pemain, untuk sejumlah kecil
profesional pachinko (disebut pachi-Puro), permainan benar-benar dapat
menghasilkan pendapatan yang cukup besar.
Kesimpulan
Di
Jepang banyak sekali sarana hiburan, salah satunya adalah pachinko yang
mana adalah sebuah permainan yang menggunakan mesin yang disebut
pachinko parlor yang didesain seperti gabungan antara mesin slot dan
pinball. Yang sering digunakan untuk menghilangkan kepenatan.
Pachinko
bisa dibilang juga judi, karena banyak yang mempertaruhkan banyak uang
demi mendapatkan untung yang lebih dari yang dipertaruhkan. Namun, di
arena pachinko tersebut tidak terdapat fasilitas penukaran dengan uang
tunai, tapi ada bagian khusus yang melayani hal itu.
Alasan utama
banyak orang yang menggunakan pachinko sebagai sarana hiburan adalah
karena jika menang dalam permainan ini, maka akan bisa mendapatkan
banyak uang. Namun, modal yang diperlukan juga tidak sedikit. Jika
menang, yang didapat bisa lebih dari modal yang dikeluarkan, tetapi jika
kalah, bisa menguras banyak harta yang ada. Sehingga ada yang bilang
kalau permainan pachinko adalah game yang berbahaya jika salah
memainkannya. Tidak jarang seseorang harus tidur di jalanan karena
kehilangan rumah dan keluarga.
Bermain pachinko identik dengn
permainan laki-laki/pria, tetapi, banyak panti yang menyediakan
fasilitas untuk wanita, yaitu berupa hadiah yang bermerk dan kenyamanan
ekstra. Sehingga akan menarik minat ibu-ibu untuk bermain setelah mereka
selesai berbelanja dan bisa menghabiskan waktu untuk bermain pachinko.
Namun,
dalam perjalanannya, pachinko sedikit banyak mengalami pergeseran minat
sebagai sarana rekreasi publik karena bersaing dengan industri hiburan
lain. Akan tetapi, hal itu tidak serta merta menyurutkan minat
orang-orang Jepang untuk tetap bermain pachinko. Hal itu dikarenakan
ditingkatkannya fasilitas-fasilitas penunjang kenyamanan pelanggan.
Selain
itu juga, terdapat akademi pachinko. Pelajaran yang diberikan mulai
dari sistim dasar kerja mesin pachinko parlor, program animasi
permainan, hingga marketing dan manajemen industri pachinko. Didalamnya
terdapat laboratorium sendiri. lulusan sekolah mereka bekerja di pabrik
pembuat mesin pachinko besar seperti Sankyo, Maruhan dan Sammy juga
sebagai staff pengiklanan dan marketing di perusahaan pachinko.
Bisnis
pachinko juga tidak lepas dari keikutsertaan yakuza. Karena banyak
yakuza yang beralih ke bisnis yang dilegalkan pemerintah dan pachinko
salah satu yang menjadi pilihan. Dan karena ada keteraitan dengan
yakuza, keberadaan akademi pachinko tersebut juga diragukan akan
bertahan lama atau tidak
Daftar Pustaka
Akademi Pachinko. http://blogger.com/kimagure/.diakses tanggal 26 Juni 2011.
Kumpulan Cerita Terbuang Tentang Jepang - Khusus Judi Pachinko. http://keranjangkecil.jp/ .diakses pada tanggal 26 Juni 2011.
Pachinko. http://googleseacrh/ .diakses pada tanggal 22 Juni 2011.
Pachinko. http://japan-guide.com/.diakses pada tanggal 26 Juni 2011.
Pachinko Hobi Nasional Jepang.http://google.com/googletraanslate/pachinko-history/.diakses pada tanggal 22 Juni 2011.