Senin, 18 Agustus 2014

nayamu koto - cerita singkat selama bulan puasa 2014



Entah bingung aku mengawali tulisan ini. Sudah terlalu lama numpuk di kepalaku. Hmmm,, oke aku tulis aja apa yang terlintas di pikiranku entah itu urut atau gak.
Ada sodara yang dateng berkunjung terus nginep di rumah biasanya jadi hal yang menyenangkan bukan? Apa lagi sodara jauh yang gak pernah ketemu. Tapi lain di kasusku ini. Awal-awal puasa kedatengan sodara yang gak pernah ketemu. Secara susuna keluarga, dia itu statusnya bulikku (a.k.a istri ke 2 om ku). Tapi aku males nganggep bulik! Secara umur dia itu masih 4 taun dibawahku! Sedikit penjabaran: sebelum kawin ama yang ini, istri pertama om ku uda punya 3 anak, malahan om ku itu uda dipanggil kakek. Coz anak yang paling gede barusan ngelahirin (a.k.a kebobolan, padahal masi 18 taun). Entah apa gimana ceritanya bisa ketemu sama yang sekarang n apa latar belakangnya, singkat cerita mereka LKMD (lamaran kari meteng disek) terus cerai deh sama si istri pertama.
Akhirnya anak (haram) itu lahir, tapi dalam perjalanan  rumah tangganya yang baru itu kelakuan om ku gak berubah blas, malah makin jadi (doyan daun muda yang ranum). Singkat cerita, udah 7 taun bojoan, sampek mbrojol anak ke 2 masi gak berubah sikap. Suka bikin ulah, masalah n bercinta. Damn shit! Masalah yang sekarang gak jauh jauh dri urusan selangkangan. Ceritanya om ku ini memulai lagi bisnisnya, merantau di kota orang, kos, sampek akhirnya nemu awal yang sukses. Pas masa masa kos, ketemu banyak orang, salah satunya gadis (itu kalo masih gadis sekarang) perantauan dari kalimantan yang kemudian diajak kerja bareng.
Entah awalnya gimana (lagi lagi aku gak paham) si cewek itu mulai jadi duri dalam daging. Bikin retak rumah tangga om ku di tempat kerja. Err, tapi gak bisa dipungkiri kalo gak dimulai om ku gak mungkin gini jadinya! Okeh, tak singkat lagi (gak tau jelas peristiwa n masalahnya), suami istri itu berantem, si suami nyuruh si istri buat pergi ke rumahku (duluan) nanti 1 minggu bakal dijemput. Alhasil sampek lebaran lewat seminggu gak ada kepastian dengan 1001 macem alasan.
Keberadaan dia (bulik yang aku gak anggep demikian) mulai bikin aku ogah! Gak ada manfaatnyalah. Lebih lagi dia kesini bawa anaknya yang kecil. Gak nunjukin sifan n tanggung jawab keibuan blas! Sibuk FB-an aja, lumah lumah di kasur (sedikit kasihan sama mbak ku yang tidur di karpet), kalo tidur kayak orang mati (kata mama). Masak anak e itu gak diolesi anti nyamuk?! Anak nangis bukannya ngediemin selayaknya ibu malah mangkel dewe! Benernya aku gak respek blas ama tuh orang, berhubung mama masih nganggep tuh orang, apa boleh buat.
Hal lain lagi yang bikin mangkel, pas mau lebaran dia bingung mau pulkam. Nyari tiket pulkam pas lebaran ya pasti kehabisan (oon banget!). gitu waktu mau nyari malah nyuruh nyuruh doang niatnya. Gile lu ndro! Pas hari lebaran liat sodara sodaranya yang laen sungkem lebaran dia ngiri gak karuan! What the,, lu itu kalo emang pengen lebaran harusnya ya pulkam aja lah awal awal. Gak perlu nunggu lama, nunggu janji janji palsu! Lu itu harusnya tau watak om ku yang brengsek n obral janji n nggampangno masalah! Lu sendiri yang cerita! Lu gak ada teges tegesnya jadi istri! Suami bejat kenapa juga masi dipertahanin! Lu sambat laki lu doyan maen perempuan, tapi lu ndiri juga maen laki! Nyadar donk!
Pas dia curhat masalah dia bingung mau pulkam gimana n kapan berkenaan sikap om ku, aku kasih 1 pertanyaan “emang dulu napa kok mau sama om ku?!”, alhasil jawaban mbulet. Gak kena inti permasalahan, malah buka aib sendiri. Oh shit men! Paling ngeselin kalau curhat minta pembenaran n pembelaan mulu padahal kenyataannya salah sendiri. Bawaannya emosi mulu. Kalo aku gak punya kesabaran, bakal nanges tuh kalo adu ngotot!
Sempet nyinggung masalah mantan istri ne om ku, tanya alamat pengen ngelabrak katanya. Tapi mendadak ciut nyali waktu mama kasih ijin dia buat ngelabrak asal gak usa balik rumah lagi. Hahahahahaah! Bisa ciut juga tuh nyali? Emang beraninya gak sama yang bersangkutan. Kasus yang sekarang pun juga gak brani di depan orang yang bersangkutan, Cuma berani lewat tulisan n sosmed aja! Berani Cuma ngadu tapi gak ada perjuangan buat ngelaswan balik! Jauh jauh deh dari sini!
Ungkapan “buah jatuh gak jauh dari pohonnya” emang cocok buat nggambarin ini. Entah apa yang udah terjadi di keluarganya yang jelas pasti apa yang dialami sekarang gak jauh jauh dari perbuatan orang tuanya. Juga, apa yang orang banyak sebut sebagai karma. Entah apa n gimana yang dulu pernah dia lakukan, inilah balasannya. Hukum tabur-tuai.
Aku bener bener sumpek sendiri ngeliat n ikut mikir masalah ini. Dibilang gak usah ikut mikir juga gak bisa. Lha wong kejadiannya ada di rumahku. Mau gak mau atau secara gak langsung juga ikut mikir, tambah lagi aku yang masih jadi “pengacara” ini serasa jenuh sendiri menghabiskan waktu demi waktu, hari demi hari serasa tanpa ada kepastian. Belakangan aku ngerokok lumayan lancar. Gak kayak biasanya yang aku bisa ngerem. Hasinya sekarang mulai terasa sedikit berat lagi buat beraktifitas. Sampek kapan hal ini berlanjut? Apa aku bisa ikut berkontribusi kasih penyelesaian? Apa hikmah ini semua? Jawaban yang aku tau sekarang sampek aku nulis ginian Cuma ENTAH.

Well, abis mbahas tentang si “bulik” (yang sebener e masih ada banyak bahasan lagi), giliran sekarang tentang mbakku. Entah kenapa yang namanya mbak kok gak bisa dijadiin panutan. Gak ada pantes pantesnya buat dihormati. Kenapa? Sedari masa SMP dulu dia demen banget dihajar ortu. Utamanya papa. Giamana nggak, bwaannya bikin mangkel orang. Sukanya nyaut aja kalo dinasehati, nyolot pula. Melayang deh kaplok.
Gak Cuma tentang nyolot, kebiasaan nyolong duit dulu itu yang paling awal terjadi. Yah secara dia hidup di lingkungan borju. Dia gak kuat gengsi ama temen temennya yang berduit, yang sering traktiran. Bergaya punya duit lebih buat traktir temen, nyolonglah duit mama. Gak tanggung tanggung jumlahnya sampek 200 ribu kalo gak salah dulu. Ya emang gak langsung ngambil segitu, tapi berkala.
Beranjak gede, mulai pinter silat lidah. Parahnya dia itu memalsu identitas. Ya meski bukan memalsu KTP, tapi tetep aja dia tebar tebar kepalsuan tentang dirinya. Kayak gini: dia itu kelahiran jakarta, padahal lahir di RSAL surabaya. Tinggal di daerah jakarta selatan tapi gak tau daerah mana kalo ditanya soalnya gak lama disana padahal tinggal di sidoarjo. Rumah sendiri gak diakui coz lagi brobrok, malah rumah tante yang diakui jadi rumahnya. Ortu sering luar kota, padahal nyatanya gak. Paling parah, aku gak dianggep sodara kandung, Cuma dibilang aku itu sepupu. Lucu!!
Masa masa kuliah jadi masa kombnasi antara nyolong ama bohong. Nyolong celengan buat adekku masuk sekolah. Padahal itu buat cadangan kalo adekku gak b isa msuk SD negri. Tapi, dia gak mau ngaku sampek perlu dihajar dulu baru mau ngaku. Parah! Gak Cuma itu, di lingkungan kampus yang borju pula dia tetep gak bisa nahan gengsi. Dia pertahanin identitas palsunya itu n anehnya banyak yang percaya. Belom lagi yangsering mintak uang lebih delang alasan urusan akademik padahal buak jalan jalan. Lebih lagi waktu itu dapet temen yang doyan hedon. Alhasil dia dapet seneng tapi kuliah berantakan. Sampek sekarang.
Ngomong ngomong soal kuliah, dia kuliah psikologi, 2006. Yah secara dia lulus SMA duluan. Tapi yang duluan lulus kuliah malah aku. Yah, emang sama sama molor, tapi dia parah sampek 8 taun kuliah gak lulus lulus. Gak punya malu! Salah satu faktor aku molor coz aku gak punya panutan buat ngebimbing aku biar cepet lulus. Cuma bedanya, aku punya kemaluan di kampus. Temen temen seangkatanku uda pada lulus n kerja, belom lagi sindiran sindiran dari junior makin bikin risih.
Oke, lupakan tentang aku, ini bahasan tentang mbakku yang entah giamana ku harus nganggep. Lanjut, dia kuliah psikologi yang harusnya bisa ngobati orang yang pikirannya sakit, eh lhah kok dia yang malah sakit (analogi aja). Ilmu yang dia pelajari gak dia terapin di kesehariannya. Malah cenderung bersikap kekanak kanakan. Padahal dia juga guru sekolah minggu di geraja, tapi sikapnya gak nunjukin kalo dia pantes jadi guru sekolah minggu.
Dari omongan sikap n perilaku gak mencerminkan dia itu mahasiswa psikologi. Mahasiswa pun harus e gak pantes disandang. Entah harus nyebut gimana. Aku sendiri meragukan kedibilitas dia sebagai mahasiswa, guru n seorang mbak. Sudah banyak omongan yang terlontar tapi serasa mental semua gak masuk di kepalanya. Kalaupun masuk, daya tangkapnya minim ato malah jadi persepsi lain. Whta the hell!! Kalo itu bisa jadi lebih positif gak masalah. Itu malah jadi masalah lain. Ujung ujungnya, hajar!
Ngomong ngomong tentang hajar, dia sering dihajar. Kaplok n tampar (ato mungkin itu sama aja ya?) sudah jadi makanan tambahan. Gimana enggak, kelakuannya makin gede bkin orang jadi makin geram n ringan tangan aja. Kayak yang uda aku tulis di atas, dia kalo dinasehati demen njawab n nyolot pula. Yang paling baru dia sampek nerima tendangan tanpa banyangan. Kok bisa? Ya bisa aja, seharian di kamar maen hape mulu, disuruh njemur cucian malah nyolot gak terima,. Disabari eh malah ngoceh ngoceh mulu. Udah dikaploki masih aja ngoceh, alhasil tendangan tanpa bayangan deh baru diem.
Kasihan? Gak! Dia pantes! Mending dihajar di rumah daripada di luar. Tapi tetep dia itu gak ntadar nyadar. Kalpo dibilangi dia gak terima kelakuan dia itu salah. Parahnya, dia bikin masalah baru di FB. Tentang tendangan tanpa bayangan itu ditulis di FB. Mempsosisikan diri sebagai yang teraniaya, nyari sorotan n pembelaan. Alhasil, 2 tante ku (1 di ausy n 1 di malang) ikut nimbrung komen komenan (aku gak tau persis giamana). Garis besar percakapan di status FB itu pasti cari pembelaan n pembenaran. Tanteku yang di ausy tanpa tau perkara asli langsung ngedamprat papa di FB n juga ngehina mama blablabla. Tanteku yang di maalang gak kalah parah. Dia kasih saran ke mbakku buat minggat dengan alasan uda gede gak pantes tinggal serumah ortu, sering dihajar pula. Gak beres tuh.
Tulisan di FB itu pastinya banyak yang baca. Parahnya orang yang gak ada sangkut pautnya ama keluarga malah tau duluan, terus tanya ke mantan istrine om ku, terus dikonfirmasi ke tanteku yang di waru, terus sampek lah kabar itu ke mama yang pasti buikin mama esmosi tingkat dewa. Tapi gak seheboh kalo esmosi sama om ku seh. Mama sampek perang sms sama tanteku yang di ausy. Sebelumnya aku kira Cuma masalah biasa, tapi karna mama ngomel mulu, aku yang uda sumpek dengan kehadiran “bulik” ini langsung buka sidang paripurna. Usut punya usut masalah balik lagi ke mbakku. Shit men! Hari itu juga tanpa nunda apa apa aku ngomel (bener e aku orang yang males ngomel kecuali kebangeten). Malah sampek tak rekam. Emang uda niat kalo ada sidang paripurna pengen tak rekam. Gak peduli pusisiku sebagai anak, adek atopun ponakan. Mereka menyalah gunakan sikap diem ku. Aku diem buakan tanpa arti, tapi merhatiin n nunggu waktu buat meledak. Kalo uda meledak, yo emploken!
Masalah kan mbalik lagi ke mbakku, so, mbakku sing tak umbah. Kayak yang udah aku tulis diatas, kebiasaan njawab nyolotnya keluar, gak mau dikuak kesalahannya, pembelaan diri terus. Kalo aku gak bisa nahan diri, berapa kali dia njawab nyolot, sesering itu aku ngaplok. Bisa hancur dia. Untung aku Cuma ngomel. Hari itu aku bener bener gak respek sama orang yang harusnya jadi panutan. Bukan buat aku, tapi buat adekku yang secara gak langsung meniru kelakuannya yang jadi pembangkang. Serasa sia sia aku ngomel, gak lama bakal ngulangi kesalahan yang sama. Lagi lagi yang terpikir Cuma “entah sampek kapan”. Ya, entah sampek kapan. Siapa yang harusnya jadi adek, siapa yang jadi kakak. Bias.

Akhirnya dia pulang juga, tapi sebelum pulang bikin aku n keluarga emosi tingkat dewa. Terlebih aku. Kenapa? Begini ceritanya...
Sedikit review, dia dateng ke rumah karena ada masalah sama om ku yang mana om ku itu selingkuh terang-terangan sama kenalan yang diajak kerja bareng. Secara usia, masih muda, ranum n kinyis-kinyis. Trus, setelah ada konflik puncak, minggatlah ke rumahku tanpa persiapan mateng, salah satunya: kapan pulang. Bukan niat mau ngusir tapi kalo gak ada kepastian ujung-ujungnya bakal membebani keluargaku.
Sejak awal puasa sudah ke rumah sampek lebaran lewat 2 minggu baru dijemput. Sebelumnya dijanji bakal dijemput 3 hari sebelum idul fitri, pas idul fitri, 3 hari setelah idul fitri. Tapi sesuai perkiraan pasti gak dateng. Sampek akhirnya bikin rencana mau pulang dewe naek kereta, meski itu juga masih belom pasti.
Kabar gembira akhirnya dateng, hari senen kemaren dijanji mau dijemput. Tapi, lagi-lagi sesuai perkiraan, itu Cuma BULSHIT aja! Alhasil, emosilah dia yang lagi-lagi dapet janji palsu. Pelampiasannya gak lain gak bukan ke anaknya. Gimana? Perlakuannya ke anaknya makin menggila, terlebih waktu ngasih obat coz pilek coz pola makan n asuhan gak teratur. Saking emosinya mungkin, dia nyuapin obat dengan paksa. Untuk ukuran anak bayi, itu gak mungkin bisa. Akhirnya muntahlah si bayi. Gak Cuma obat yang dimuntahkan, makanan n susu yang uda masuk ke perut keluar semua. Spontan mama marah trus akhirnya “umbah-umbah” n dia nanges sesenggukan.
Haloooo...!!! napa sampek nunggu diumbah sih?! Benernya aku juga udah muak lihat kelakuannya, cuman aku rasa bukan kapasitasku buat ngomeli dia perkara perlakuannya ke anak. Secara aku belom punya anak, so gak berhak menggururi. Tapi, jujur aku muak. Sehabis diumbah mama, dia awalnya respek, cuman kelanjutannnya tetep aja sama. Prioritas yang ada di kepalanya bukan ngurusi anak, tapi eksis di sosmed. Oh shit men! Ibuk macam apa itu!
Okelah skip aja cerita itu, langsung ke topik baru. Kabar dia dijemput muncul lagi rabo kemaren. Buat antisipasi bakal dikadali lagi, dia aku paksa buat mastiin apa bener dia dijemput om ku. Oke, kali ini beneran dijemput. Cuman, gak di rumahku, tapi di waru. Mau gak mau aku nganter kesana buat naruh barang barang n temu kangen sama anaknya yang satu lagi. Tapi hari itu firasatku sudah gak enak dari awal. Ada sesuatu yang ganjil.
Oke, kahirnya sudah di waru di rumah tanteku. Begitu dateng yang ada pemandangan “gembel” yang lagi tidur. Yah, om ku yang brengsek itu tidur. Entah beneran tidur atau Cuma mempsosisikan tidur dengan suasana rumah yang berisik, dia gak terganggu n tetep menggelepar tidur sampek akhirnya tanteku pulang kerja, om ku yang brengsek itu bangun. Pas tidur itu diajak ngomong tentang rencana penjemputan n pulang sekitar jam 9 malem aja coz mau ada acara dulu n mau ngajak anaknya yang besar itu jalan jalan bentar. Omongan itu juga diulangi waktu sudah bangun n jawabnya “iya”.
Rabo kemaren juga ada acara perpisahan temen gereja yang mau kuliah, so ada acara syukuran makan-makan. Bulikku itu diajak makae bilang sekitar jam 9 an aja pulang. Kesepakatan awal meng-iya-kan jam 9 an mau jemput. Tapi mendadak si brengsek itu bialng gak mau jemput n langsung pulang. Keadaan drasti bikin mangkel. Ternyata firasatku bener. Ada yang salah yang bakal terjadi. Kalo dari awal mama gak bilang “ojok melok emosi” udah tak maki-maki itu oreang brengsek.
Rebo malem itu penuh dengan tangisan. Gimana enggak, barang udah ada di mobil, tapi dibilang gak jadi dijemput. Sampek akhirnya setelah maki-maki dengan penuh emosi, ada kesepakatan bakal dijemput di tempat laen yang jauh dari rumahku. Aku bener-bener emosi tingkat dewa. Kalo aku ketemu si brengsek itu, bakal tak tusuk pake pedangku. Untung aja nggak. Buat meredam emosi, ngobrol sama mama, trus dapet fakta baru, status pernikahan mereka itu gak resmi. Cuma nikah siri. Gak salah kalo aku nyebut anak-anaknya itu anak haram.Oh men, kompliketet banget! Tapi yoweslah, akhirnya udah pulang.
Rabo itu gak Cuma masalah jemput menjemput aja, tapi masalah mbakku juga muncul lagi. Tanteku yang di malang ini juga gathel. Disuruh mintak maaf langsung ke mama aja kok susah. Malah ngadu ke oma. Malahan kemaren telpon pake bilang “koko enek ndek kunu?”. Yo terang aku disitulah. Tapi, dia bilang gitu bukan pengen ngomong sama aku, Cuma koar-koar aja. Oh men. Aku gak tau harus apa hari itu. Terlalu sebel n mangkel sama si brengsek. Kalo aja aku gak dapet mandat buat gak ikut marah, bakal aku ladeni itu tanteku.
Aku gak tau apa keputusanku dengan aku gak ngomong apa-apa ini bener ato gak. Waktu aku sampein ke mama, mama juga emosi. Pengen “umbah-umbah”. Cumsan percuma aja kalo jauh-jauh ke Malang Cuma mbahas itu aja. Mending kumpulun semua yang terkait, sidang paripurna. Sudah pada tua kok masih kayak bocah! Tanteku yang malang sukanya ngadu, yang di ausy suka ikut campur urusan orang, yang di waru kayak preman n g respek sama oma, mama gampang emosi, si brengsek, ya, brengsek suka tipu n maen perempuan, oma sendiri pun gak ada bijaksananya sama sekali. Okelah, orang makin tua makin kayak anak kecil, cuman ini terlalu. Bener-bener gak ada yang bener.
Aku sampek bingung kenapa aku harus ngalami hal ini. Yah, aku beneran bingung n gagal paham maksud dari semua ini. Apa ini jawaban dari keinginanku akan sabar n penuh hikmat? Maybe, but still i cant understand clearly. Help me God...

0 komentar:

Posting Komentar

 

iseng iseng © 2008. Design By: SkinCorner